Kamis, 16 Oktober 2008

Struktur Dasar HTML

HTML singkatan dari Hypertext Markup Language, adalah sebuah bahasa pemrograman mengandung hypertyext yang mendefinisikan, mendeskripsikan sebuah struktur antarmuka web page untuk membentuk sebuah kombinasi halaman web, yang terdiri atas desain, database dan prosesnya.

HTML Editor, sebuah editor (sarana) untuk membuat sebuah file HTML, misalnya Macromedia Dreamweaver.

Struktur dasar HTML digambarkan sebagai berikut :

main page : halaman keseluruhan dari sebuah file HTML

main head : menggambarkan header atau title yang menyangkut identitas sebuah halaman

main body : menggambarkan tubuh dari halaman HTML itu sendiri, didalmnya dapat dimasukkan unsur tabel, paragraf dan lainnya

Hypertext adalah suatu paradigma ( cara atau pola ) antarmuka untuk menampilkan dokemen, yaitu dapat bercabang ke dokumen lain, menurut definisi awal hypertext berarti “ branch or perform on request” yang artinya bercabang atau melaksanakan saat diminta. Yang paling banyak digunakan dalam dunia computer adalah penelusuran antar dokumen yang disebut hyperlink. Dengan memilih hypertlink menyebabkan computer memuat dokumen yang ditunjuk. Untuk mewujudkan hal ini digunakan tag yang bernama Anchor ( jangkar ).

Dokumen-dokumen yang ditulis pada halaman web akan menggunakan tag, tag-tag inin mempunyai atrribut, seperti contohnya “backround”, :bgcolor”, “FONT”, “IMAGE”, dll. Cara penulisan tag-tag ini juga harus diperhatikan bentuk-bentuk tanda bacanya, seperti tanda < , > , / , “, dll. Terdapat banyak sekali yag-tag untuk memformat bentuk tampilan halaman web.

Tidak ada komentar: